Printer Espson R230x Yang Baru Saya Beli

Halo Teman2 semua, kali ini saya akan membagi pengalaman saya tentang masalah printer, khususnya printer Epson R230x yang baru saya beli. Kenapa saya posting tentang printer, yah., karena saya membuka usaha cetak photo, tapi baru 1 tahunan lah ngegabung ama konter, ceritanya sih karena bisnis hp ama servis gagal melulu, banyak ruginya gitu lah, mungkin kurang cocok, makanya saya ganti dengan cetak photo dan digital printing.jadi koter saya sekarang sedia perdana, pulsa, cetak photo&digital printing, aksesoris, download mp3, game hp, Editing, dll. Mungkin akan terus ditambah dengan bisnis lainnya termasuk bisnis online.
Langsung aja cerita tentang R230x!!..tiga minggu kebelakang saya beli printer R230x ceritanya sih pingin ningkatin kualitas photo, kan awalnya saya pake T11 ama Canon IP3500, tapi hasilnya kurang memuaskan! makanya saya beli R230x katanya sih kualitasnya bagus! tapi emang betul pas beberapa hari setelah saya beli hasil photonya kinclong lah!! pokonya jauh dari printer sebelumnya! tapi setelah 2 minggu eh saya nemu deh penyakit printernya biasa ada sedigit ngegaris gutu! walaupun masih belum begitu parah, masih sedikit. Tapi bagi saya hal tersebut ngeganggu untuk kualitas photo usaha saya, yah rugi juga sih masa baru 2 minggu dah ngegaris.
jadi gininih!!.. hasil print photonya tertama wajah ama latarbelakang yang waran biru suka ada garis horizontal tapi tipis! kalau dilihat sepintas sih kelihatannya bagus, tapi kalau diperhatikan lebih detail eh kurang bagus ada ngegaris gitu deh!!..tapi anehnya pas di cek nozzle nya normal2 aja. Akhirnya yah saya bawa lah ke tempat servisnya, untungnya masih ada garansi toko, jadi gratisss..Eh malah tukang servisnya juga bingung! tapi pas di coba pake kertas yang berkualitas seperti merek canon, hasilnya lumayan ga terlalu keliat garisnya, walapun kalau secara detail masih ada garis melintang tipis!

Karena si tukang servis bingung dan nyerah ditu aja. Saya coba dengan teknik coba2...., saya coba mainin setting diutak atik sampai menemukan hasil yang lumayan memuaskan. ternyata dengan setting seperti gambar dibawah ini :
 


Hasilnya emang jadi bagus walaupun pake kertas glossy yang murah! gambar photonya jadi halus, apalagi kalau pake kertas berkualitas. Tapi kecepatan pritingnya jadi lemot bangettttt..... lama nungguinnya.. aduh..
Akhirnya saya ganti teknik lain... saya curiga sebenarnya terhadap kualitas tinta yang saya beli waktu itu. dan sekarang saya coba kuras tintanya yang ada di tabung luar itu (Kan pake infus printernya) sampe habis dan saya ganti dengan tinta yang biasa saya beli sebelumnya. tapi hasilnya masih belum bisa saya jelaskan disini.., karena tinta sebelumnya masih ada di catridnya, karena ga dikuras semuanya...nanti deh kalau dah berganti dengan tinta yang baru. Saya akan jelaskan hasilnya......

Pada intinya saya dah bosan dan pusing dengan kasus printer, ujung-ujungnya penyakitnya sama ada di headnya selalu bergaris, atau ga keluar sama sekali titanya!! alah jadi lieu saya mah.....
Saya nyaranin yang punya modal lumayan besar mining beli minilab aja kaya dari fuji, Konica, atau merk yang lainnya yang suka di pake studio besar, itu kualitasnya dijamin, mulai dari kertas, sperpart, apa perbaikannya dilakukan oleh yang punya merek tersebut. Cuma modalnya lumayan besar. harga mesinnya juga mahal.

Tapi untuk bisnis awal sih boleh lah diakalin dengan printer destop, yang sekarang marak dijual dan semakin murah.. harga murah,,,, yah ... kulitasnya nya pun bisa kita tebak lah....

Itu dulu aja deh pengalaman dari saya, dah cape ngetiknya. ... nanti saya sambung lagi deh kalau ada info baru ama pengalaman baru tentang masalah printer...

kalau ada yang mau nanya atau tukar pengalaman dengan saya silahkan dong isi komentar dibawahnya........

posting by Nopan S


20 komentar:

  1. Bagaimana kualitas print foto sekarang dengan tinta baru?

    BalasHapus
  2. gan kalo tips kalo misalnya printer R230x setiap kali d nyalakan pasti nyedot tinta jd tinta cpt abis??
    gmana tuh cara nya byar ga kaya gt???

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasnya itu dikarenakan sensornya gan yang kotor....coba deh dibersihkan sensor kertasnya.....

      Hapus
  3. Saya jadi bingun nih. Mau beli printer merk apa sih yang bagus dan awet. Soalnya saya mau coba buka usaha cetak photo di rumah. Tolong dong agan2 yang sudah berpengalaman dibidang cetak photo, kira2 printer apa yang lumayan awet dan bagus untuk usaha ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klau masalah awet nggaknya tergantung pemakaian dan perawatan juga gan.....
      Tapi kalau yang bagus untuk Photo pasti Epson yg 6 warna (r230x ato L800). Untuk menghindari pemBully-an dari seller, minta garansi replacement 1 bulan gan. Trus garansi servis 3 bulan. kalo seller atau tokonya mau dah dijamain pasti barang dan pelayanan tokonya emang bener2 bagus. 1 lagi gan jangan asal pilih tinta yang murah! takutnya nanti malah bener2 murahan kualitasnya

      semangat terus buat mas admin

      Hapus
  4. itu cara mengatasi blokan2 tipis biru bagaimna??,, udah di otak-atik settingannya tpi tetep. apa kualitas kertas glosy juga berpengaruh?

    BalasHapus
  5. Saya baru beli R230X 2 minggu. Harga 1,8jeti udah sama infus. Beli itu juga karna kualitas warna yang 6 tabung itu... Tapi baru juga pertama pake, udah gak keluar tinta kuningnya! Damn. Coba diakalin dengan ngeprint berkali2, emang hasilnya siy keluar. (saya pikirnya siy karna saya belinya bawa motor, jadi tuh printer goyang2). Tapi sampe sekaraaaaang, walau udah best, dan thanks juga saran di atas, masiiiih aja bergaris!

    Pengalaman saya, sebelumnya saya pake canon pixma yang sama scanner itu. Harga setengahnya, tapi beda banget! Gak ada garis sedikitpun yg keluar.

    Rada nyesel juga beli niy printer. Aaargh! Please help me!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.... ternyata ada juga yg kasusnya sama.... warna kuningnya yg bermasalah kalo di print masing2 warna cuman warna kuning yg bergaris... kalo cetak foto walaupun dengan kualitas best juga tetap ada garis2nya, gk mulus pokoknya... gimana bang udah bagus gk hasilnya? kalo udah bagus solusinya apa nih?

      Hapus
    2. kalau bergaris atau gak keluar itu berarti headnya mampet. Penyebabnya bisa:
      1. Tinta yang dipakai dan sistem infus yang kurang benar.
      2. Ink tank yang mampet (perlu ganti, sebaiknya selalu sedia inktank cadangan gan buat maintenence sendiri)
      3. Head mampet (Kena kotoran/debu)
      nahhh, tentu pertama dicleaning aja gan. tp kalau udah 5x cleaning tapi masih nihil dah STOP, takutnya headnya kena. Segera ganti inktank, kalau nekat masih nihil bersihkan head dengan cairan cleaner. pakai suntikan yang jarumnya diganti selang (trus di sedot-sebul-sedot-sebul bagian saluran headnya) insya Alloh lancar lagi
      Sekedar saran gan. kalau beli printer (terutama epson) jangan yg udah infusan. Minta aja yang masih di dalam dus, baru minta infus sekalian. jangan lupa minta garansi replacement 1 bulan dan garansi servis 3 bulan.

      sekian matur nuwun

      Hapus
  6. wah....sama juga bro,, kyk prodk gagal ja R230x..
    uda tiap kali hidupin tuh printer sll head cleaning..cepet abiss tintanya. RUGI..!
    udah gitu hasilna gak muasin bngt.. nyesel bli R230X..!

    BalasHapus
  7. buat pengguna printer epson photo 6 warna... memang agak boros...karena.. tipe printer epson akan slalu claeaning untuk mencegah cloging pada head ...klo pake catridge ASLI nya...no problem ko ... Tapi klo mau pake infusan harus selektif Gan... jenis Tinta hrs yang tdk merusak head dan catridge harus slalu ok....saya pake original dan infusan hasil sama udah tahunan ko...

    BalasHapus
  8. gimana jadinya yang ada garis horisontal... please help...

    BalasHapus
  9. coba aja bawa ke service bilang ada garis horizontalnya githu, pasti akan dibersihkan dengan cairan head cleaning, udah pasti ga ada garis lagi. Gan sy udah 10 tahun pake r210, r230, r230x hasilnya ok banget

    BalasHapus
  10. saya mau tanya gan..
    kira2 epson R230 harga nya sekitar berapa ya sekarang.
    mksh

    BalasHapus
  11. ane nyesel kalo beli printer epson yang seri x ada huruf X mending model lama jelas tahan lama gan
    tuh t13x ane udah jadi geganjel pintu.hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. x itu untuk produk printer tanpa cartridge, klw printernya sama saja

      Hapus
  12. Printer KAAAAMMMMMMMMMPPPPPPPPPPPREEEEEEEEEEEEEETTTTTTTTTTTTTTTT

    BalasHapus
  13. saya punya printer epson r230, tinta warna hitamnya cetaknya putus-putus saya udah coba cleaning trus dikuras, tapi masih aja kaya gitu, mohon saran gan apa saya harus ganti print headnya atau saya beli r230x aja, tapi r230x katanya banyak masalahnya, please help me gan .....

    BalasHapus
  14. Klo saya gan... udah 6tahun pake 230.
    allhamdulillah..... kualitas tetap terjaga....

    Klo trik dari ane sieh rada simpel , tapi harus berani.

    Lakukan Pencucian head.
    dengan cara ,,
    1. Beli catrid refill ( bukan buat impus ).
    Isi dengan cairan IPA ( Biasanya buat cuci board mesin hp ) di toko sparepark hp pasti ada. klo pake cleaner khusus printer harga nya jauh lebih mahal.
    2. Cleaning ,, kira-kira 3-5x. sampe tinta di head keluar semua. diemin kira 2-3jam.

    3. cabut catrid & biarkan head ada di tengah ( posisi lepas catrid )
    4. cabut kabel power & usb ( tapi jangan di pencet tombol power nya )
    5. Suntikan cairan IPA menggunakan suntikan , ke corong cartid yng ada di head. ( inget ya,, hanya yg bermasalah warna nya misal hitam ) & jangan lupa beri kapas di bawah head. biar gak tumpah kemana2.
    6. pasang lagi head , kabel power & kabel usb. idupin printer.
    cleaning lagi sebanyak 3-5x... diemin semalam.....
    7. insya allah klo emang head agan dk parah banget ,, pasti bisa normal lagi hasil printer nya.

    salam.....

    BalasHapus
  15. Klo roll penarik kertasnya itu nggk bs berputar sma skali karena apa y? Tolong infonya para master2,

    BalasHapus

Kirim Artikel Ke Email Anda

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
tukarfile.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by tukarfile | Belajar Bisnis Online